Jakarta – STIAMINEWS – Institut STIAMI Program Vokasi yang berpusat di Kampus Mardani selama minggu terakhir bulan Februari 2017 melakukan sosialisasi ke 5 Kampus Institut STIAMI yaitu Kampus Mardani, Kampus Tanjung Barat, Kampus ARH Depok, Kampus Kota Tangerang dan Kampus Tangerang Selatan. Sosialisasi ini langsung didampingi dan dibuka oleh Direktur Program Vokasi Bpk. Ardiansyah, SE, MA dan Kepala Kampus Mardani Mas Andrianto Setyoadi, S.Sos beserta beberapa Ketua Program Studi Diploma III (D-3) diantaranya Ibu Novianita Rulandari, S.AP, M.Si selaku Kaprodi D-3 Perpajakan, Ibu Nidaul Izzah, SE, M.Pd selaku Kaprodi D-3 Administrasi Bisnis.

Sosialisasi Penulisan Tugas Akhir ini adalah penjelasan dari beberapa perubahan hasil kajian LPPM dan beberapa dosen dan praktisi. Perubahan penulisan ini hampir berubah total dari sistematika sebelumnya. Tentunya  perubahan ini bertujuan agar saat penyusunan bisa lebih memahami masalah yang sedang dituangkan dalam penulisan tersebut secara ilmiah dan secara realita. Serta diharapkan lulusan Program Vokasi khususnya D-3 bisa lebih siap untuk masuk ke dunia kerja yang saat ini sangat kompetitif.

Dalam penyampaiannya juga diinfokan tentang peluang yang sangat luas untuk lulusan Program D-3 karena secara kompetensi sangat bisa diharapkan dalam praktek kerja. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengatakan revitalisasi pendidikan vokasi tingkat perguruan tinggi akan dilakukan pada 2017 untuk menjawab tantangan terkait kebutuhan sumber daya manusia siap kerja. “Program revitalisasi pendidikan vokasi ini menerapkan sistem 3+2+1. Tiga semester aktif di kampus, dua semester di industri, dan satu semester akhir di kampus atau industri,” jelasnya. Nasir menjelaskan pada semester akhir, mahasiswa bisa memilih menyelesaikan pendidikan dengan mengerjakan tugas akhir di kampus atau praktik industri, sehingga agar program ini berjalan baik. Kemenristek Dikti juga akan mendorong program vokasi/D-3/Politeknik untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan industri.

Leave a Comment