Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Secara umum pendidikan vokasi bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Institut STIAMI sendiri mempersiapkan 3 pilihan program studi yang masuk dalam bidang vokasi yang mana terdiri dari 2 bidang diploma 3 dan 1 bidang sarjana terapan. Secara khusus, program diploma III diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri/swasta, lembaga pemerintah atau berwiraswasta secara mandiri, hal ini karena beban pengajaran pada program pendidikan vokasi telah disusun lebih mengutamakan beban mata kuliah ketrampilan dibandingkan dengan beban mata kuliah teori.

Bidang sarjana trepan sendiri membutuhkan masa kuliah yang sama dengan S1, sehingga lulusan dari program ini akan mendapatkan gelar sarjana juga. Ketika pendidikan S1 berfokus pada penguasaan dan pengembangan cabang ilmu yang mereka dapat, sarjana terapan berfokus apda pemantapan keahlian terapan tertentu sesuai bidang yang diambil oleh mahasiswanya.

Dengan demikian, program Vokasional ini baik D3 maupun Sarjana Terapan diharapkan mampu mencetak lulusan – lulusan yang siap kerja dan berguna bagi nusa dan bangsa.